Langsung ke konten utama

Rancangan untuk Membuat Saya Menjadi Bersemangat Lagi

 Bosan adalah hal yang wajar menurut saya. Apalagi ketika bosan melakukan hal yang sama secara terus menerus. Padahal kegiatan itu penting untuk dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Seperti Latihan fisik agar badan kita kekar. Atau membaca buku untuk mendapatkan suatu insight. Bangun pagi setiap hari agar tidak telat pergi kerja. Sebelumnya saya berpikir bahwa liburan penting untuk diselipkan dalam kegiatan kita yang sibuk, namun jika liburan tersebut juga terulang beberapa kali. Lama - lama liburan itu juga membosankan. Liburan diganti dengan hiburan, seperti membaca komik, bermain game, atau hal - hal yang menghibur lainnya. Namun jika kegiatan itu dilakukan berulang - ulang lama - lama kesenangan yang saya dapatkan semakin berkurang dan saya memerlukan waktu yang lebih banyak melakukan kegiatan menghibur itu untuk waktu yang lebih lama agar bisa kembali "fresh". Jadi bagaimana biar ketika saya tetap bosan, saya masih bisa memaksa tubuh saya untuk tetap mel

Kenapa Kebiasaan Sangat Penting - Atomic Habits




Setelah menikah saya merasa memiliki banyak sekali distraksi. Padahal sebelumnya saya sangat fokus sekali terhadap peningkatan diri saya. Selama dua tahun saya terdistraksi oleh keadaan hidup yang baru, belum lagi setelah kehadiran anak pertama.

Perjuangan membaca buku ini, akhirnya saya sedikit lebih mengerti kenapa saya terdistraksi. Ini dikarenakan saya yang membiarkan lingkungan saya mendistraksi saya. dalam buku ini dijelaskan agar kita harus membuat lingkungan yang memang cocok untuk tujuan kita, karena kita sebagai manusia adalah hasil dari lingkungan sekitar kita.

Dalam buku ini juga diajarkan bagaimana caranya membuat kebiasaan - kebiasaan yang searah dengan tujuan saya yang ternyata setelah saya sadari banyak sekali kebiasaan - kebiasaan saya yang sebenarnya malah menghambat tujuan saya.

Apa yang membuat kebiasaan itu baik atau buruk?

Sebenarnya kebiasaan yang baik bagi saya belum tentu baik bagi Anda begitu pula sebaliknya, hal ini dibedakan oleh tujuan yang Anda pilih. Tentu Anda akan mengatakan bermain media sosial adalah kebiasaan yang buruk namun tidak bagi Pewdiepie yang memang penghasilannya dari media sosial bukan? Jadi Anda harus menetapkan tujuan untuk diri Anda sendiri karena kalau Anda tidak menetapkannya, orang lain yang akan menetapkan tujuan tersebut dan tentu saja itu belum baik bagi bakat Anda.

Buku ini juga melanjutkan wawasan dari Charles Duhig dalam bukunya the power of habit tentang bagaimana proses kebiasaan itu terbentuk dari petunjuk hingga ke keputusan untuk melakukan sesuatu dan James Clear memanfaatkannya untuk membentuk kebiasaan baik dan kebiasaan buruk.

Lalu bagaimana cara membuat kebiasaan baik dan menghentikan kebiasaan buruk?

Menurut James Clear di dalam buku ini, kita harus membuat lingkungan kita minim distraksi sehingga kita bisa melakukan kegiatan yang mendukung tujuan kita dan dalam membuatnya ada 4 tahap.

  1. Membuat petunjuk dari Kegiatan tersebut mudah dilihat
    Kita bisa membuat kebiasaan yang ingin kita bangun menjadi lebih mudah terlihat. Ingin memiliki kebiasaan makan yang lebih sehat, sediakan buah segar di meja makan setiap saat, bukan di dalam kulkas atau di tempat yang tidak terlihat.
  2. Membuatnya menarik untuk dilakukan
    Kita tidak akan ingin melakukan kegiatan jika tidak menarik untuk dilakukan. Oleh karena itu James Clear menyiasati dengan kebiasaan yang disebut dengan stacking habits, dimana dia menyisipkan kebiasaan yang ingin dibangun ke dalam kebiasaan yang sudah ada.
  3. Membuatnya mudah dilakukan
    Setiap kebiasaan diawali dengan satu langkah dan langkah pertama adalah yang terseulit. Oleh karena itu kita harus membuat kegiatan itu sangat mudah untuk dilakukan. Ingin memiliki kebiasaan untuk berolahraga? Mulailah dengan kebiasaan menggunakan sepatu lari.
  4. Dapat memuaskan diri kita saat kita selesai melakukannya
    Kita tidak akan mengulangi suatu kegiatan menjadi kebiasaan jika hal tersebut tidak memberikan kita kepuasaan atau ganjaran langsung. Oleh karena itu di dalam buku ini salah satu sarannya adalah terus mencatat progress yang ada agar hasilnya bisa langsung terlihat.
Berbalik dari kebiasaan baik, kita bisa menghentikan kebiasaan buruk dengan melakukan 4 tahap yang berlawanan dari membuat kebiasaan baik

  1. Membuat petunjuk dari Kegiatan tersebut sulit dilihat
    Ingin menghentikan kebiasaan buruk bermain HP seharian? Coba Pisahkan diri kamu dengan HP dengan ruangan yang berbeda dan matikan notifikasinya.
  2. Membuatnya tidak menarik untuk dilakukan
    Jika dengan memisahkan diri dengan Hp di ruangan yang berbeda tetap tidak bisa mengubah kebiasaanmu bermain HP, mungkin cara kedua dari buku inidapat membantumu. Dengan membingkai ulang pola pikirmu bermain HP. Apa manfaat yang bisa didapatkan dari bermain HP seharian? Pikirkanlah
  3. Membuatnya sulit untuk dilakukan.
    Jika mengubah pola pikir tetap tidak dapat mengubah kebiasaanmu bermain HP seharian, mungkin cara ini bisa membantumu dengan membuatnya sulit untuk dilakukan. Selalu simpah HPmu di tempat yang sulit untuk dijangkau seperti di dalam laci yang dikunci dan kuncinya disimpan di dalam gudang.
  4. Dapat mengecewakan diri kita saat kita selesai melakukannya.
    Jika tetap juga tidak berhasil, mungkin kamu harus mendapatkan sedikit bantuan dari teman. Kamu bisa membuat kebiasaan ini sedikit mengecewakan jika dilakukan, misalnya kamu berjanji kepada salah satu anggota keluargamu jika mereka mendapati dirimu bermain HP selama lebih dari beberapa menit yang sudah ditentukan, kamu akan memberikannya sejumlah uang yang bebas ia gunakan.
Membaca buku ini membuat saya sedikit lebih mengerti, kenapa selama dua tahun setelah saya menikah saya banyak sekali terdistraksi.

Komentar