Langsung ke konten utama

Rancangan untuk Membuat Saya Menjadi Bersemangat Lagi

 Bosan adalah hal yang wajar menurut saya. Apalagi ketika bosan melakukan hal yang sama secara terus menerus. Padahal kegiatan itu penting untuk dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Seperti Latihan fisik agar badan kita kekar. Atau membaca buku untuk mendapatkan suatu insight. Bangun pagi setiap hari agar tidak telat pergi kerja. Sebelumnya saya berpikir bahwa liburan penting untuk diselipkan dalam kegiatan kita yang sibuk, namun jika liburan tersebut juga terulang beberapa kali. Lama - lama liburan itu juga membosankan. Liburan diganti dengan hiburan, seperti membaca komik, bermain game, atau hal - hal yang menghibur lainnya. Namun jika kegiatan itu dilakukan berulang - ulang lama - lama kesenangan yang saya dapatkan semakin berkurang dan saya memerlukan waktu yang lebih banyak melakukan kegiatan menghibur itu untuk waktu yang lebih lama agar bisa kembali "fresh". Jadi bagaimana biar ketika saya tetap bosan, saya masih bisa memaksa tubuh saya untuk tetap mel

Menjadi Seorang Account Officer Micro Mandala Finance



Dari satu tempat pergi ke tempat berikutnya, kali ini saya melamar menjadi seorang Account Officer Micro di salah satu perusahaan yang sudah tbk. Cara bekerja sama seperti CMO, kita jualan, dan yang dijual juga uang atau kita menawarkan pinjaman. Namun di Account Officer Micro ini konsumen yang dituju adalah para pengusaha, bukan pengusaha yang sudah memiliki banyak omset, tetapi yang masih belum bisa diraba oleh bank.

Di sini saya belajar banyak tentang kanvasing ke calon nasabah, keliling satu lokasi, pergi dari satu warung ke satu warung menawarkan pinjaman. Tidak ada jaminan membuat banyak sekali peminat untuk produk keuangan ini. Saya heran dengan kebanyakan peminatnya karena cara pembayaran pinjaman adalah mingguan dan bunga yang diberikan bisa dibilang tinggi sekali, hampir 10% perbulan jika saya hitung. Tentu ini yang membuat saya enggan menawarkan ke banyak orang, karena saya sendiri memang menyukai hutang, namun hutang yang memiliki bunga di bawah 1% perbulan.


----------------------------------------------------------------

Bank keliling.

Ada juga yang menyebutnya demikian, namun tetap saya jalani karena pekerjaan ini adalah pekerjaan saya terakhir yang akan saya jalani. Saya sudah berjanji kepada diri sendiri bahwa tidak akan ada lagi pekerjaan yang saya ambil setelah pekerjaan terakhir ini, namun sialnya pekerjaan yang didapatkan adalah menjadi bank keliling, namun secara legal.

Seperti yang telah saya sebutkan di awal, bunga yang tinggi dan pembayaran secara mingguan, membuat saya enggan menawarkan produk keuangan ini. Benar - benar menjerat, namun bunga tinggi dan tenor yang singkat tidak membuat produk ini susah laku, mungkin karena ketatnya pinjaman di bank membuat produk saya ini tetap dicari. 

Tetapi, jika dilihat para pedagang ini memang orang - orang yang menyasar langsung ke konsumen, margin yang mereka dapatkan di atas 10% semua. Tinggal kitanya saja yang harus menyaring pedagang yang memiliki omset minimal setara dengan pinjamannya, agar pinjamannya dapat terbayar.

Namun untuk Anda yang sedang mencari inspirasi usaha, pekerjaan seperti ini saya rekomendasikan karena Anda dapat mengorek tuntas usaha mereka.

Komentar