Langsung ke konten utama

Rancangan untuk Membuat Saya Menjadi Bersemangat Lagi

 Bosan adalah hal yang wajar menurut saya. Apalagi ketika bosan melakukan hal yang sama secara terus menerus. Padahal kegiatan itu penting untuk dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Seperti Latihan fisik agar badan kita kekar. Atau membaca buku untuk mendapatkan suatu insight. Bangun pagi setiap hari agar tidak telat pergi kerja. Sebelumnya saya berpikir bahwa liburan penting untuk diselipkan dalam kegiatan kita yang sibuk, namun jika liburan tersebut juga terulang beberapa kali. Lama - lama liburan itu juga membosankan. Liburan diganti dengan hiburan, seperti membaca komik, bermain game, atau hal - hal yang menghibur lainnya. Namun jika kegiatan itu dilakukan berulang - ulang lama - lama kesenangan yang saya dapatkan semakin berkurang dan saya memerlukan waktu yang lebih banyak melakukan kegiatan menghibur itu untuk waktu yang lebih lama agar bisa kembali "fresh". Jadi bagaimana biar ketika saya tetap bosan, saya masih bisa memaksa tubuh saya untuk tetap mel

TIPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

bahasa inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sudah diakui dunia. Di jaman yang sudah memasuki pasar global ini, kita dituntut untuk dapat mengerti bahasa Inggris agar bisa bersaing dengan kompetitor lain. Tidak hanya itu, bahasa Inggris dapat memudahkan kita untuk lebih menjelajahi dunia ini.


Dengan bahasa Inggris kamu dapat mengerti buku literatur pada saat kamu kuliah, karena masih sedikit orang Indonesia yang menerbitkan karyanya sebagai buku acuan pada saat kuliah, walaupun memang terkadang masih ditemui. BahasaInggris juga dapat memudahkan kita berkomunikasi dengan orang lain saat kita berkunjung ke berbeda negara.

Pernah saya temui turis asing sedang pergi berkunjung sendirian ke Indonesia, sayangnya dia tidak dapat berbahasa Inggris, dengan berbekal atlas Indonesia, dia menunjuk dengan jarinya lokasi Bali sambil menatap penuh tanda tanya. Tentu saja dia dapat dengan mudah bertanya kemana arah menuju Bali jika dia dapat berkomunikasi dengan kita yang pada saat itu sedang bergerombolan ke Bali. Jadi apa saja tips untuk meningkatkan bahasa Inggris?
  1. Bermain Game dengan Subtitle Bahasa Inggris.

    Ini yang saya lakukan di masa kecil, saya selalu bermain game yang berbahasa Inggris. Kamus bahasa inggris selalu menemani di samping saya ketika bermain. Di sini banyak sekali kosakata baru yang saya dapatkan ketika masih kecil yang tanpa sadar menjadi modal saya untuk lebih mengenal bahasa Inggris. Ada saat ketika saya ragu-ragu dengan maksud dari quest suatu game karena kosakatanya yg sulit sehingga tidak dapat diartikan begitu saja dengan kamus, dengan melihat seluruh kalimatnya saya dapat menebak-nebak arti dari kata tersebut dan berusaha mengikutinya. Ketika ternyata benar saya mulai membiasakan untuk tidak melihat kamus dan mencoba untuk mengira-ngira arti dari suatu kosakata yang saya tidak tahu. Karena memang sebenarnya otak sudah menyimpan kosakata tersebut namun kita perlu mengingat-ingat arti kata tersebut. Untuk selanjutnya coba mengira-ngira arti dari kosakata yang tidak dimengerti sebelum membuka kamus.
    .
  2. Menonton Film dengan Subtitle Bahasa Inggris.

    Seperti dengan bermain game, cara ini bisa juga digunakan untuk mempelajari bahasa Inggris. Kamu dapat mempause film ketika ada suatu kosakata yang tidak dapat kamu mengerti lalu coba pahami alur cerita dari film ini. Ada suatu saat ketika kamu akan menebak-nebak cerita selanjutnya seperti kamu menebak-nebak alur cerita yang ada di FTV. Namun berbeda dengan game, disini kamu dapat juga melatih kemampuan listening kamu terhadap bahasa Inggeis, coba sesekali kamu abaikan subtitle yang ada di dalam filmnya dan fokus dengan pembicaraannya. Kamu dapat menonton film yang ada di Youtube seperti film The Simpson atau lainnya yang menggunakan bahasa Inggris.
    .
  3. Mendengarkan lagu Bahasa Inggris.

    Disini kamu dapat menggunakan Lyric dari internet untuk memulai mempelajari bahasa Inggris. Jika kamu menemukan kosakata baru kamu dapat mencari arti dari kata tersebut dari kamus bahasa Inggris dan mulai memahami apa maksud dari lagi tersebut. Dengan mendengarkan lagu kamu juga bisa melatih kemampuan speaking kamu dengan  menyanyikan lagu yang sedang kamu dengarkan. Tidak usah malu dengan suara kamu, pasang aja earphone agar kamu dapat merasa suara kamu seperti suara penyanyinya.
    .
  4. Ikut Les Bahasa Inggris.

    Memang tujuan dari bahasa adalah agar kita dapat berkomunikasi, kamu dapat mengikuti les bahasa Inggris untuk melatih kemampuan komunikasi kamu. Dengan jumlah kosakata yang sudah kamu miliki dari bermain game, menonton film, dan mendengarkan lagu ini sebenarnya kamu sudah dapat berkomunikasi dengan mudah. Namun seperti bahasa Indonesia, disini juga dibutuhkan kemampuan menulis kamu dalam berbahasa Inggris. Tidak seperti berkomunikasi secara lisan yang terkadang pelafalan kita ancur tetapi lawan bicara kita masih mengerti, dalam tulisan ejaan yang salah dapat dianggap salah juga walaupun pembaca mengerti apa maksud dari kalimat yang kamu buat. Disini kamu dapat juga belajar masalah grammar dan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris
    .
  5. Belajar Menjawab Soal Pada Buku TOEFL.

    Terakhir adalah memahami soal yang ada di Test of English as a Foreign Language atau disingkat TOEFL adalah ujian bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. Kamu dapat melatih kemampuan kamu dengan terus belatih menjawab soal pada buku TOEFL yang ada di pasaran. 
 Intinya, untuk mempelajari bahasa Inggris dengan mudah kamu memerlukan pengetahuan akan beberapa kosakata bahasa Inggris lalu mengerti Grammarnya, setelah itu kamu dapat mempelajarinya dengan mudah.

Komentar

  1. sering melihat film luar negeri juga bisa lho menigkatkan kemampuan bahas inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan, kalo ane gara2 sering ngegame pas kecilnya -__-

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, klik like, berbagi, dan berlangganan jika menyukai halaman ini

Tidak untuk direproduksi tanpa sepengetahuan saya atau tanpa mencantumkan link blog ini.