Langsung ke konten utama

Rancangan untuk Membuat Saya Menjadi Bersemangat Lagi

 Bosan adalah hal yang wajar menurut saya. Apalagi ketika bosan melakukan hal yang sama secara terus menerus. Padahal kegiatan itu penting untuk dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Seperti Latihan fisik agar badan kita kekar. Atau membaca buku untuk mendapatkan suatu insight. Bangun pagi setiap hari agar tidak telat pergi kerja. Sebelumnya saya berpikir bahwa liburan penting untuk diselipkan dalam kegiatan kita yang sibuk, namun jika liburan tersebut juga terulang beberapa kali. Lama - lama liburan itu juga membosankan. Liburan diganti dengan hiburan, seperti membaca komik, bermain game, atau hal - hal yang menghibur lainnya. Namun jika kegiatan itu dilakukan berulang - ulang lama - lama kesenangan yang saya dapatkan semakin berkurang dan saya memerlukan waktu yang lebih banyak melakukan kegiatan menghibur itu untuk waktu yang lebih lama agar bisa kembali "fresh". Jadi bagaimana biar ketika saya tetap bosan, saya masih bisa memaksa tubuh saya untuk tetap mel

Tips untuk Mengendalikan Mood yang berubah-ubah saat mengerjakan skripsi

mood berubah-ubah

Ceritanya sih sedang mengerjakan skripsi sekarang, memang ya yang namanya skripsi itu harus fokus ngerjainnya, sangat sulit bagi saya untuk mengerjakan tugas yang lainnya kalau sedang mengerjakan skripsi. Belum lagi kalau kamu adalah seseorang yang memiliki mood yang berubah-ubah seperti saya ini, susah banget deh ngerjainnya. Jangankan ngerjain... mulai aja kagak.

Namun selama pengerjaan, saya menyadari ada beberapa cara untuk dapat mengendalikan suasana hati yang suka-suka dia mau kemana agar tugas atau skripsi ini dapat dikerjakan.

  1. Buat Deadlinemu Sendiri
    deadline!!!

    Deadline... kata itu memang sangat sakti, dapat membuat orang yang terlena kepada waktu dengan bermalas-malasan bisa bangkit dengan begitu mudahnya. Dapat membuat pekerjaan yang terlihat sangat sulit sekalipun bisa dikerjakan dengan waktu yang singkat. Mungkin perasaan bahaya seperti ketika sedang dikejar anjing dapat membuat kita mengeluarkan kemampuan terhebat kita seperti lompat lebih tinggi atau lari lebih kencang.

    Hal inilah yang kamu buat terhadap skripsimu, buat deadlinemu sendiri seakan-akan ketika kamu melewatinya kamu akan mendapatkan bahaya yang besar dan itu harus benar-benar diterapkan. Sulit menerapkan deadline tersebut untuk dirimu sendiri? mudah saja, buat lingkunganmu yang membuatkan deadlinemu sendiri. Tunggu hingga batas waktu kamu akan menuju DO, dijamin deadline itu akan ada dengan sendirinya :D

    Tapi jangan sampai itu terjadi ya...

  2. Bersih dan Rapikan Ruangan Kamu Mengerjakan Skripsi
    kamar rapi dan bersih

    Ruangan yang bersih dan rapi dapat membuat moodmu meningkat, selain enak dipandang kamu juga menjadi lebih sehat ketika mengerjakan skripsi di ruangan yang bersih. Selain itu juga ruangan yang rapi tidak membuat kamarmu menjadi lebih sempit. Kamar yang berantakan, membuat barang berada di mana-mana sehingga membuat pergerakanmu menjadi terhalang dan pemandanganmu menjadi kurang menarik hal itu bisa membuat dirimu menjadi kesal sendiri dan moodmu kembali menurun.

  3. Isi perutmu hingga penuh
    makan enaaaak

    Perut yang lapar dapat membuat orang yang pintar sekalipun terlihat lebih bodoh. Kalau kata orang, demo tanpa logistik jadinya anarki. Pada saat mengerjakan skripsi, perut yang kosong sangat mengganggu. Selain tidak baik untuk kesehatan yang ujung-ujungnya menghambat proses pengerjaan skripsimu, perut yang lapar membuat pengerjaan skripsimu menjadi tidak maksimal. Lebih baik sebelum mengerjakan skripsi kamu mengisi perut terlebih dahulu, makan makanan kesukaanmu agar moodmu lebih meningkat lagi dan kamu bisa lebih bahagia lagi mengerjakan skripsimu.

  4. Bersihkan tubuhmu hingga terasa segar
    mandi segar

    Jika kamu masih belum juga mendapatkan mood untuk mengerjakan skripsi, cobalah mandi terlebih dahulu. Mandi yang segar dapat membuatmu menjadi lebih bahagia dan mudah mengerjakan tugas-tugas yang berat. Karena badan yang bau bisa menjadi masalah ketika kamu sedang mengerjakan skripsimu, coba aja kamu bayangin ketika sedang asyik mengerjakan skripsimu tiba-tiba kamu mencium bau badanmu sendiri. Bisa-bisa pengerjaan skripsimu menjadi terhambat, pilihannya kamu menghentikan skripsimu untuk mandi dan kita tidak tahu apakah nantinya kita masih ingin mengerjakan skripsi atau tetap mengerjakan skripsi dengan mencium bau badan sendiri? Lebih baik mandi terlebih dahulu dan tidak ada lagi penghalang antara kita dan buku TA.

  5. Cemilan
    cemian enak

    Beruntunglah orang yang membuat cemilan kesukaanmu karena kamu akan sangat membutuhkannya dan akan terus membelinya. Pengerjaan skripsi itu tidak ada yang mudah, kamu akan membutuhkan semua yang dapat membuatmu menjadi lebih senang. Cemilan salah satunya, makanan ringan yang tidak dapat membuatmu menjadi kenyang tapi dapat menambah berat badan ini bisa membuatmu menjadi lebih bahagia, bisa jadi lebih bersyukur karena telah berada di dunia ini. Disaat kamu stress, menemui jalan buntu dan tidak tahu lagi mau ngapain? cari inspirasi dengan memakan cemilan kesukaanmu.

  6. Olahraga
    Olahraga sehat

    Olahraga, salah satu cara kita mengeluarkan hormon endorfin, hormon yang bisa membuat manusia menjadi bahagia. Selain mendapatkan endorfin, olahraga yang rutin dapat menjadikan tubuh kita lebih sehat dan terasa ringan. Seperti kata orang terdahulu di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, maka dari itu olahraga memang sangat dibutuhkan oleh manusia dengan tuntutan pekerjaan yang besar.

  7. Pacar yang selalu mendukung kita
    pacar yang setia

    Memang benar kita sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendirian, demikian juga ketika sedang mengerjakan skripsi. Jangan sampai kita meninggalkan kehidupan sosial kita dengan alasan ingin fokus mengerjakan skripsi, percaya deh kerjaan kamu itu tidak akan menjadi lebih cepat selesainya, malah yang ada jadi lebih lama. Pacar adalah sumber semangat yang paling utama, karena dia adalah salah satu sumber kebahagiaan. Ketika orang tua, saudara, teman-teman menekan kita agar cepat-cepat menyelesaikan skripsi, pacar dapat membangkitkan semangat kita kembali untuk mengerjakan skripsi dengan maksimal. Tapi harus diperhatikan, pacar yang dimaksud adalah pacar yang selalu mendukung kita. Kalau cuma pacar-pacaran yang selalu protes karena kita lebih banyak mengerjakan skripsi, coret aja deh tips nomor tujuh ini. Karena kenyataannya pacar kamu itu bukan sumber kebahagiaanmu.

Komentar