Langsung ke konten utama

Rancangan untuk Membuat Saya Menjadi Bersemangat Lagi

 Bosan adalah hal yang wajar menurut saya. Apalagi ketika bosan melakukan hal yang sama secara terus menerus. Padahal kegiatan itu penting untuk dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Seperti Latihan fisik agar badan kita kekar. Atau membaca buku untuk mendapatkan suatu insight. Bangun pagi setiap hari agar tidak telat pergi kerja. Sebelumnya saya berpikir bahwa liburan penting untuk diselipkan dalam kegiatan kita yang sibuk, namun jika liburan tersebut juga terulang beberapa kali. Lama - lama liburan itu juga membosankan. Liburan diganti dengan hiburan, seperti membaca komik, bermain game, atau hal - hal yang menghibur lainnya. Namun jika kegiatan itu dilakukan berulang - ulang lama - lama kesenangan yang saya dapatkan semakin berkurang dan saya memerlukan waktu yang lebih banyak melakukan kegiatan menghibur itu untuk waktu yang lebih lama agar bisa kembali "fresh". Jadi bagaimana biar ketika saya tetap bosan, saya masih bisa memaksa tubuh saya untuk tetap mel

Penyakit gatal menyebalkan, panu


Kamu terserang penyakit panu di kulit? Hiiiiiyyyyyy, jorok....hati-hati juga ya karena penyakit ini bisa menular. Tapi... apa bener itu panu? jangan-jangan cuma bercak putih saja :3

Perlu diketahui bahwa penyakit panu itu mempunyai ciri-ciri, seperti:
  • Berwarna putih, pink, cokelat, atau cokelat gelap.
  • Pertumbuhannya lambat, bersisik, dan gatal ringan
  • Lebih jelas terlihat jika terkena paparan sinar matahari
  • Walaupun bisa mengenai kulit mana saja, tapi biasanya lebih sering terkena di punggung, leher, dada, dan lengan atas.
Jadi jangan sampai keliru menentukan panu, jika tidak maka obat yang dipilih akan salah dan hasilnya kulit dapat saja menjadi teriritasi, pedih, atau terbakar.

Memang sudah banyak yang tahu, bahwa penyakit ini disebabkan oleh jamur dan tumbuh subur pada daerah yang sering berkeringat, lembab, berminyak, atau ketika daya tahan tubuh kita lemah. Untuk mengatasi penyakit ini dibutuhkan disiplin yang serius serta harus telaten, mengingat biasanya orang yang terkena panu adalah mereka yang malas menjaga kebersihan. Sebenarnya mandi sebanyak dua kali sehari sudah cukup untuk mengatasi panu, karena dengan begitu kulit kita akan menjadi bersih, tidak sering berkeringat, tidak lembab, dan tidak berminyak. Intinya tidak cocok untuk menjadi tempat berkembang biaknya para jamur. Tetapi harus bersabar karena dengan mandi dua kali saja butuh waktu berbulan-bulan. Untuk itu bagi kamu yang ingin sembuh kurang dari dua bulan dibutuhkan krim oles. Cara kerjanya hampir sama untuk semua krim oles, rata-rata mereka semua menyerang sel jamur hingga mati karena target mereka adalah makhluk hidup. Waktu yang dibutuhkan juga beragam antara 2 hingga 6 minggu. Jadi bersabar ya :)

Tetapi jika kamu baru sadar terkena panu ketika jamur tersebut telah menyebar luas, kamu membutuhkan obat yang ekstra. Perlu diingat ini harus dengan resep dokter ya, karena obat ini adalah obat yang diminum sehingga perlu perhatian khusus. Untuk kamu yang masih ngeyel, obat panu ini bisa kamu beli di toko obat terdekat dan mengandung salah satu dari ini, Flukonazol(diflucan), Itrakonazol(Onmel,Sporanox), Ketoconazole. Cara ini terbilang efektif karena dapat membunuh jamur dalam kurun waktu satu atau dua minggu. Namun, warna kulit akan tetap tidak merata, jadi harap bersabar ya.

Karena anda pernah terkena panu, berarti ada yang salah dengan anda. Entah itu gaya hidup yang kurang bersih atau daya tahan tubuh yang kurang karena bisa saja anda yang tertular penyakit ini.

Untuk itu perlu pencegahan agar panu tidak tumbuh lagi:
  • Hindari menggunakan produk kulit yang mengandung minyak.
  • Kurangi terkena paparan sinar matahari agar kulit tidak terlalu berkeringat atau berminyak, karena kulit bereaksi dengan sinar matahari dengan minyak untuk membuatnya tetap lembab.
  • Jangan menggunakan pakaian yang ketat, seperti jeans atau yang lainnya. Usahakan menggunakan kain yang berpori-pori agar kulit tidak lembab.
  • Jika terpaksa harus berpergian dan terkena paparan sinar matahari, gunakan samphoo anti jamur atau tabir surya yang tidak mengandung minyak.
  • Selalu keringkan semua pakaian yang pernah kamu kenakan, seperi baju, celana, handuk ketika mandi, apapun yang bersentuhan dengan kulit. Sering-sering juga membersihkannya.
Memang panu merupakan penyakit yang menyebalkan, gimana gk gatelnya bukan main, apalagi kalau keringetan. Tapi penyakit itu timbul karena gaya hidup kita yang kurang bersih, bisa juga karena kita sering tinggal di tempat yang lembab. Jadi kalau kamu sering mandi, kecil kemungkinannya bakal kena panu.

Komentar

  1. Gatal pada tubuh sebenarnya kesalahan kita sendiri. Kuman, gatal-gatal pada kulit, karena kitanya yang malas merawat kulit tubuh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, klik like, berbagi, dan berlangganan jika menyukai halaman ini

Tidak untuk direproduksi tanpa sepengetahuan saya atau tanpa mencantumkan link blog ini.