Langsung ke konten utama

Rancangan untuk Membuat Saya Menjadi Bersemangat Lagi

 Bosan adalah hal yang wajar menurut saya. Apalagi ketika bosan melakukan hal yang sama secara terus menerus. Padahal kegiatan itu penting untuk dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Seperti Latihan fisik agar badan kita kekar. Atau membaca buku untuk mendapatkan suatu insight. Bangun pagi setiap hari agar tidak telat pergi kerja. Sebelumnya saya berpikir bahwa liburan penting untuk diselipkan dalam kegiatan kita yang sibuk, namun jika liburan tersebut juga terulang beberapa kali. Lama - lama liburan itu juga membosankan. Liburan diganti dengan hiburan, seperti membaca komik, bermain game, atau hal - hal yang menghibur lainnya. Namun jika kegiatan itu dilakukan berulang - ulang lama - lama kesenangan yang saya dapatkan semakin berkurang dan saya memerlukan waktu yang lebih banyak melakukan kegiatan menghibur itu untuk waktu yang lebih lama agar bisa kembali "fresh". Jadi bagaimana biar ketika saya tetap bosan, saya masih bisa memaksa tubuh saya untuk tetap mel

Pelipat Tegangan DC

Gambar Kabel Listrik
Gambar Kabel Listrik

Setelah kamu sudah mengerti bagaimana merubah tegangan DC secara sederhana. Kini kamu dapat meningkatkan lagi tegangan yang dihasilkan, rangkaian ini merubah tegangan AC menuju tegangan DC namun meningkatkan tegangan keluarannya. Rangkaian ini dapat digunakan jika kamu membutuhkan tegangan yang lebih besar tentunya.



Tapi bagaimana caranya sebuah rangkaian dapat meningkatkan energi seperti itu? padahal tidak ada energi yang gratis di dunia ini.

Begini ceritanya,


Gambar Pelipat Tegangan 2 Tingkat
Gambar Pelipat Tegangan 2 Tingkat

Jika dilihat pada gambar diatas terlihat seperti penyearah tegangan tetapi dengan letak kapasitor dan dioda yang berbeda. Fungsi kapasitor pada rangkaian ini adalah sebagai penyimpan energi dan dioda sebagai penyearah tegangan.

Arah arus pada pelipat tegangan
Pada saat gambar pertama siklus pertama dari tegangan Vin adalah siklus negatif, membuat dioda pertama menjadi rangkaian tertutup dan dioda kedua menjadi rangkaian terbuka. Kapasitor C1 diisi hingga tegangannya sama dengan Vin.

Kemudian pada saat siklus positif dioda pertama menjadi rangkaian terbuka dan dioda kedua menjadi rangkaian tertutup. Karena kapasitor C1 sebelumnya sudah terisi penuh dan ada beda potensial terhadap kapasitor C2 yang masih kosong, terjadi proses pengisian kapasitor dengan beda potensial yang lebih besar dari sebelumnya yaitu Vin + C1 karena mereka dianggap satu sumber. Kapasitor C2 diisi penuh hingga mencapai 2 Vin (Vin + C1).

Setelah itu siklus negatif selanjutnya membuat tegangan pada C1 kosong (Tegangan pada C1 adalah Vin dan siklus tegangan input sedang negatif -Vin) Sehingga membuat tegangan pada katoda dioda pertama 0 V. Tegangan pada katoda dioda pertama sama dengan tegangan pada anoda dioda kedua membuat dioda kedua berubah menjadi rangkaian terbuka. Selanjutnya kapasitor C3 mulai diisi dengan tegangan dari kapasitor C2 menuju Vin.

Selanjutnya siklus positif membuat C1 kembali terisi sehingga tegangan katoda dioda 1 kembali 200v
. Karena menganggap dioda ideal maka dioda 2 menjadi rangkaian tertutup dan mengingat tegangan C3 adalah 400v maka dioda 3 menjadi rangkaian terbuka. Kemudian kapasitor C4 diisi dengan tegangan dari Kapasitor C4 menuju Vin seperti siklus ketiga.

Arah arus pada pelipat tegangan
Jika kesulitan melihat gambar sebelumnya mungkin yang ini bisa sedikit menjelaskan arah arusnya

Komentar

  1. om bagi gambar rangkaian yg udah jadi doong ? sama bahan2nya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane ada gambar udah jadinya tapi di laptop lama gan, nanti deh ane cari ya. kalo bahannya mudah2an ada juga

      Hapus
  2. kirim ke sini dong bang, Ane juga butuh nich
    ramadhanuajie@yahoo.com

    BalasHapus
  3. gan aku juga butuh gambar rangkaian yang sudah jadi dong, apa bisa gan ?? kalo bisa kirim ke email gan dicky.ananda95@gmail.com makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... datanya dah hilang gan, ane juga dah lama gk megang elektronika

      Yang penting batas tegangannya jangan terlalu rendah gan buat kapasitornya, biar gk gosong

      Hapus
  4. Om master 😜, kalau rangkaian pelipat tegangan ini awal arus adalah 500 mA, lalu apakah tegangan akhir/ setelah melewati skema pelipat tegangan maka arus akan tetap 500 mA ?, ataukah akan semakin berkurang besaran arusnya master....?, mohon petunjuknya...

    BalasHapus
  5. Om master 😜, kalau rangkaian pelipat tegangan ini awal arus adalah 500 mA, lalu apakah tegangan akhir/ setelah melewati skema pelipat tegangan maka arus akan tetap 500 mA ?, ataukah akan semakin berkurang besaran arusnya master....?, mohon petunjuknya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, klik like, berbagi, dan berlangganan jika menyukai halaman ini

Tidak untuk direproduksi tanpa sepengetahuan saya atau tanpa mencantumkan link blog ini.