Langsung ke konten utama

Rancangan untuk Membuat Saya Menjadi Bersemangat Lagi

 Bosan adalah hal yang wajar menurut saya. Apalagi ketika bosan melakukan hal yang sama secara terus menerus. Padahal kegiatan itu penting untuk dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Seperti Latihan fisik agar badan kita kekar. Atau membaca buku untuk mendapatkan suatu insight. Bangun pagi setiap hari agar tidak telat pergi kerja. Sebelumnya saya berpikir bahwa liburan penting untuk diselipkan dalam kegiatan kita yang sibuk, namun jika liburan tersebut juga terulang beberapa kali. Lama - lama liburan itu juga membosankan. Liburan diganti dengan hiburan, seperti membaca komik, bermain game, atau hal - hal yang menghibur lainnya. Namun jika kegiatan itu dilakukan berulang - ulang lama - lama kesenangan yang saya dapatkan semakin berkurang dan saya memerlukan waktu yang lebih banyak melakukan kegiatan menghibur itu untuk waktu yang lebih lama agar bisa kembali "fresh". Jadi bagaimana biar ketika saya tetap bosan, saya masih bisa memaksa tubuh saya untuk tetap mel

INGRESS - MENGUBAH PETA DUNIA MENJADI MEDAN PERANG

gambar icon ingress

                Sebuah permainan yang mengambil peta dunia sebagai tempat untuk bermain. Sistem permainan ini adalah menguasai sebuah lokasi yang kita sebut sebagai portal, biasanya berada di lokasi yang bersejarah atau memiliki nilai seni seperti patung atau seni grafiti. Pada awal permainan kita diberikan sebuah pilihan untuk memilih salah satu dari dua kelompok, Resistance dan Enlightened. Lalu menguasai portal dengan mengunjunginya agar dapat menguasai wilayah di sekitarnya dengan menggabungkan portal – portal tersebut.


                Menggunakan fitur Global Positioning System (GPS) dan peta dunia seperti aplikasi google map, kita memperebutkan suatu lokasi yang telah berhasil diajukan terlebih dahulu agar menjadi titik portal. Permainan ini berbeda dengan permainan massively multiplayer online sebelumnya, disini kita diajak untuk keluar dan menjelajahi lingkungan di sekitar. Karena lokasi yang dijadikan sebagai portal biasanya adalah bangunan yang bersejarah atau memiliki nilai seni, kita dapat lebih mengenal lingkungan tersebut dan merasa terhubung dengannya atau dapat juga membuat kita menjadi lebih ingin tahu dengan tempat tersebut oleh sistem permainannya yang membuat kita mengunjungi lokasi – lokasi tersebut.

                Saya sendiri menikmati permainan ini, tidak seperti permainan sebelumnya yang seakan menuntut saya untuk melakukan sesuatu yang memakan waktu lama sehingga secara tidak langsung saya menyendiri di kamar. Di sini saya diajak untuk keluar kamar dan mengajak untuk mengenal lingkungan sekitar dan portal – portal yang saya tuju biasanya dilakukan dengan jalan kaki dengan maksud untuk sedikit berolahraga.


                Sedikit tips untuk menikmati permainan ini, jangan terlalu fokus dengan smartphone di tangan, karena tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat kita lebih mengenal dengan lingkungan sekitar dan jika kita terlalu fokus dengan apa yang di tangan kita bisa saja orang – orang tertentu memanfaatkannya dan mengambil beberapa barang yang kita bawa. Jangan menjelajahi lingkungan sekitar pada malam hari, selain nanti dikira maling oleh petugas keamanan dapat berbahaya juga untuk keselamatan kecuali dilakukan dengan banyak teman. Jangan sampai berkelahi dengan petugas keamanan karena kita dicurigai ketika sering melewati lokasi tersebut, lebih baik mengalah karena ini hanya permainan.


Komentar