Langsung ke konten utama

Rancangan untuk Membuat Saya Menjadi Bersemangat Lagi

 Bosan adalah hal yang wajar menurut saya. Apalagi ketika bosan melakukan hal yang sama secara terus menerus. Padahal kegiatan itu penting untuk dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Seperti Latihan fisik agar badan kita kekar. Atau membaca buku untuk mendapatkan suatu insight. Bangun pagi setiap hari agar tidak telat pergi kerja. Sebelumnya saya berpikir bahwa liburan penting untuk diselipkan dalam kegiatan kita yang sibuk, namun jika liburan tersebut juga terulang beberapa kali. Lama - lama liburan itu juga membosankan. Liburan diganti dengan hiburan, seperti membaca komik, bermain game, atau hal - hal yang menghibur lainnya. Namun jika kegiatan itu dilakukan berulang - ulang lama - lama kesenangan yang saya dapatkan semakin berkurang dan saya memerlukan waktu yang lebih banyak melakukan kegiatan menghibur itu untuk waktu yang lebih lama agar bisa kembali "fresh". Jadi bagaimana biar ketika saya tetap bosan, saya masih bisa memaksa tubuh saya untuk tetap mel

DAMPAK PADA TUBUH SETELAH BERHENTI MEROKOK


Gambar menghancurkan rokok

Setelah kita mulai komitmen untuk berhenti merokok, apakah terjadi perubahan di dalam tubuh kita? Apa – apa saja yang terjadi?


20 menit 

DALAM WAKTU 20 MENIT tekanan darah, suhu badan, dan denyut nadi kembali normal.

8 jam

          DALAM WAKTU 8 JAM kadar carbon monoksida menurun dan kadar oksigen akan kembali meningkat menuju normal, di waktu inilah para perokok sulit untuk berhenti. Biasanya disini mulut sudah terasa asem dan perasaan emosional yang sangat ingin merokok secara terus – menerus. Disinilah peran nikotin bekerja untuk kembali terhadap rokok dan biasanya jika kita tidak kembali merokok kita akan mengantuk atau kesulitan tidur dan merasa cemas, frustrasi atau tegang.

24 jam

          DALAM WAKTU 24 JAM kemungkinan untuk terkena serangan jantung berkurang, walaupun anda belum sepenuhnya terbebas dari godaan rokok. Rata – rata serangan jantung pada perokok 70% lebih tinggi daripada yang tidak merokok.

48 jam

          DALAM WAKTU 48 JAM indra perasa dan penciuman meningkat karena ujung – ujung saraf mulai kembali berkumpul. Rokok dapat menyebabakan ujung – ujung saraf di dalam mulut seperti berkurang fungsinya. Itu sebabnya ada anggapan bahwa rokok dapat mengurangi rasa pedas di mulut.

3 hari

          DALAM WAKTU 3 HARI bernapas lebih mudah. Di hari ketiga nikotin sudah benar – benar keluar dari tubuh kita. Sayangnya di waktu ini gejala yang timbul akibat berhenti merokok mencapai puncaknya. Sakit kepala, mual, atau malah kram akan dirasakan di sekitar waktu ini, namun jika ini bisa diatasi kita akan mudah untuk mengatakan tidak kepada rokok.

2 - 3 bulan

DALAM WAKTU 2 – 3 BULAN sirkulasi pernapasan meningkat, berjalan lebih mudah dan kapasitas paru – paru meningkat hingga 30%. Hal ini disebabkan oleh sejumlah proses regeneratif yang mulai terjadi di dalam tubuh, setelah dua atau tiga bulan tanpa rokok paru – paru akan terasa lega. Bagi kebanyakan perokok gejala yang timbul akibat berhenti merokok akan hilang di waktu ini.

1 - 9 bulan 

          DALAM WAKTU 1 – 9 BULAN kongesti sinus dan sesak napas berkurang. Rambut halus yang mendorong lendir keluar bertumbuh kembali dan memiliki fungsi yang baik. Dengan rambut halus yang kembali tumbuh akan mengurangi resiko terkena infeksi. Dengan paru – paru yang berfungsi dengan normal, batuk dan sesak napas yang biasa terjadi menurun bahkan untuk perokok berat sekalipun gejala yang timbul akibat merokok tidak akan terasa lagi.

1 tahun

DALAM WAKTU 1 TAHUN resiko terkena penyakit koroner berkurang menjadi setengahnya dari orang yang masih aktif merokok.

5 tahun

DALAM WAKTU 5 TAHUN resiko terkena kanker paru – paru akan berkurang setengahnya dari orang yang biasanya mengkonsumsi sebungkus rokok setiap harinya. Resiko terkena stroke, kanker mulut, tenggorokan, dan esofagus akan berkurang setengahnya dari perokok aktif. Hal ini karena sejumlah zat hasil pembakaran rokok yang menyumbat pembuluh darah berkurang.

10 tahun

DALAM WAKTU 10 TAHUN resiko terkena kanker paru – paru akan sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok. Sel – sel yang akan menjadi kanker pada bagian tubuh ini sudah digantikan.

15 tahun
  
DALAM WAKTU 15 TAHUN resiko terkena penyakit jantung koroner akan sama dengan orang yang tidak pernah merokok. Setelah waktu ini anda akan sama dengan orang – orang yang tidak pernah merokok. Selamat anda terbebas dari bahaya rokok

Artikel terkait:

Komentar